Rumus 95 – 5

Saat ini, kata 95 – 5 sudah tertulis di banyak buku dan disampaikan di banyak kesempatan.
95% orang memiliki 5% kekayaan dunia sedangkan yang 5% orang memiliki 95% kekayaan di dunia.
Di sebuah bank swasta nasional yang memiliki cabang terbanyak dan ATM di banyak minimarket, 1% nasabah memiliki 71% uang simpanan di bank tersebut.

Berita di detik.com tadi malam, 1% orang memiliki 84% kekayaan dunia. Akibatnya di kuadran kiri akan semakin sulit utk mencari uang, sedang di kuadran kanan semakin mudah.

Kondisi ini berubah dari waktu ke waktu. Pada akhir abad 19, Vilfredo Pareto menemukan bahwa di Italia tempat dia berada ada 20% orang yang memiliki 80% tanah di Italia, sedangkan yang 80% lainnya hanya memiliki sedikit tanah yaitu 20% dari semua tanah di Italia. Tanah adalah lambang kekayaan saat itu. Itulah awal mula lahir nya hukum Pareto 80-20, yaitu 80% orang di sebuah organisasi hanya memberi dampak atau hasil sebanyak 20%. Sedangkan 20% orang memberi hasil 80%. Seorang manajer yang pintar, akan mencari siapa 20% orang yang akan memberi 80% hasil di organisasinya. Mereka akan fokus ke 20% orang itu.

Di buku Rich Dad Poor Dad Guide to Invest, Robert T Kiyosaki menulis rumus 90:10. Dia mengatakan menurut ayah kayanya (berarti sekitar tahun 1960 an), di dunia keuangan, dalam sebuah kelompok, selalu ada 10% orang yang menguasai 90% uang dikelompok tersebut, dan yang 90% orang lainnya menguasai 10% uang yang beredar di kelompok itu.

Di dunia penyanyi, ada 10% penyanyi yang menguasai 90% uang yang beredar di kelompok penyanyi. Di dunia tinju, ada 10% petinju yang menguasai 90% uang yang beredar disana. Sebut dunia apa saja, baik itu pegawai, profesional maupun pengusaha kecil, selalu ada 10% orang yang menguasai 90% uang yang beredar disana.

Begitulah dunia keuangan bergerak dengan cepatnya, yang kaya bertambah kaya dan yang miskin bertambah miskin. Dari 80 : 20, di akhir abad 19, menjadi 90 : 10 di pertengahan abad 20 (150 tahun kemudian) dan menjadi 95 : 5 di awal abad 21 (50 tahun kemudian). Perubahan berikutnya pastilah akan lebih cepat lagi. Anda hanya bisa memilih apakah Anda ingin berada di yang 95% atau yang 5% ? Tergantung Anda mau melakukan apa ?

Hidup kita ini berasal dari keputusan keputusan kecil yang mungkin tadinya tidak kita sadari. Kenalan saya menjadi dokter karena ada anak berusia 18 tahun yang belum mengerti apa apa dan memutuskan masuk ke fakultas kedokteran. Kemudian ia menjadi dokter, spesialis dan merasa bahwa itu adalah jalan hidup yang menjadi takdirnya dan harus ia jalani sampai meninggal. Ia membuat rumah tinggal yang sangat bagus di lahan seluas 2000 meter, sehingga kebanyakan teman yang berkunjung kesana mengatakan rumahnya itu seperti sebuah hotel. Ternyata akhirnya benar benar menjadi hotel.

Keputusan kecil lainnya telah mengubah kehidupannya, yaitu keputusan untuk mengikuti ajakan pamannya belajar meditasi ke Jakarta. Disana ia diajari tehnik materialisasi. Tehnik itu membawanya ke pemahaman baru tentang meminta sesuatu kepada Allah. Ia pun memutuskan untuk meminta penghasilan pasif. Itu pulalah yang membawa anaknya berani memaksanya menghadiri sebuah seminar di Jakarta. Di seminar itulah ia kena batunya dan memutuskan untuk merubah arah kehidupannya. Bersedia untuk dibentuk sehingga memenuhi syarat untuk menjadi bagian dari 5% orang yang memiliki 95% kekayaan dunia.

Pembentukannya sangat tidak mudah sehingga ia dan isterinya seringkali berpikir untuk berhenti. Tetapi ia memutuskan untuk terus, dan akhirnya bisa freedom 2 tahun kemudian.

Itulah keputusan keputusan kecil yang dari satu keputusan membawa ke keputusan lain. Itu semua seperti kebetulan saja, tetapi sebenarnya tidak kebetulan. Itu diatur oleh pikiran bawah sadar kita.

Berubah tentu saja sangat tidak mudah, bayangkan saja perubahan dari kelompok 95% orang yang memiliki 5% uang di dunia, menjadi 5% orang yang memiliki 95% uang di dunia. Itu kondisi yang sangat berlawanan. Kita harus mau digembleng untuk dirubah sama sekali cara berpikirnya, sehingga pantas berada disana..

Note : Jika Anda ingin segera memulai bisnis dari rumah untuk menambah penghasilan sampingan yang layak namun belum tahu harus mulai darimana, barangkali informasi peluang bisnis internasional tanpa modal ini bisa menjadi ide bagi Anda untuk memulai bisnis dari rumah.


Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: